woles

Bismillahirahmanirahhim .

Jumat, 28 Oktober 2011

Individu , Keluarga , dan Masyarakat

Individu

Individu adalah bagian terkecil dari suatu kelompok atau masyarakat . Bisa juga di artikan individu adalah yaa diri kita sendiri atau perorangan . Misalnya dalam suatu keluarga terdiri dari bapak , ibu , dan pembantu . Nah bapak adalah individu dalam keluarga tersebut , begitu juga ibu dan pembantu .
Di dalam individu seseorang pasti memiliki sifat , karakter , watak , yang berbeda-beda dengan individu lainnya . Nah , ketika setiap individu-individu ini di satukan dalam suatu kelompok , tentu saja memiliki banyak perbedaan mulai dari pendapat , gaya berbicara , perilakunya dsb dan setiap individu harus bisa memahami watak atau karakter individu lainnya agar tidak terjadi kesalahpahaman .
Misalnya pada satt terjadi masalah atau konflik antar individu , tentu saja setiap individu di tuntut untuk bisa menanggapi masalah tersebut bukan menghindarinya . Jadi setiap individu harus memiliki kemampuan sosialisasi yang tinggi dengan individu lainnya agar pada saat terjadi masalah atau konflik setiap individu tau apa yang harus dan akan di lakukan .
Hmm selain itu mungkin ada individu dalam arti lain , misalnya saja individu dalam hal sepak bola . Sepak bola dalam satu tim di mainkan oleh 11 orang , namun ada salah satu pemain yang bernama C.Ronaldo yang memiliki permainan individu yang baik . Dari tengah lapangan iya menggiring bola sampai ke depan gawang tanpa mengoper ke teman-temannya .


Keluarga

Keluarga bisa diartikan adalah orang terdekat atau orang yang paling dekat dengan kita , dan juga bisa di sebut orang yang memiliki hubungan darah dengan kita . Keluarga ini adalah awal terbentuknya kelompok dalam suatu masyarakat , jadi keluarga adalah kelompok terkecil dalam suatu masyarakat . Keluarga terdiri dari beberapa individu seperti bapak , ibu , anak . Dari keluargalah pribadi setiap individu terbentuk , karena di keluarga kita di ajarkan berbagai banyak hal seperti cara berbicara , sopan santun , dan lain-lain  . Jadi keluarga sangat berpengaruh pada pribadi kita masing-masing . Di dalam keluarga setiap individu memiliki peranan dan tanggung jawabnya masing-masing . Misalnya bapak yang setiap hari harus mencari nafkah untuk bisa memberi makan anak istrinya , ibu yang setiap hari menjadi ibu rumah tangga harus mengurus apa saja yang terjadi di rumah , atau mungkin sebaliknya ibu yang bekerja mencari nafkah dan bapak yang menjadi bapak rumah tangga , namun itu jarang sekali terjadi . Dan tanggung jawab anak di keluarga adalah belajar mengenal dirinya dan menjadikan iya menjadi individu yang baik di keluarga .
Namun semua itu juga bisa berbeda dari kenyataan yang ada . Misalnya dalam satu tim sepakbola , di dalam tim tersebut terdiri dari banyak orang yang berbeda dan satu orang dengan orang yang lain memiliki hubungan darah yang berbeda . Namun karena terlalu akrabnya , hampir setiap hari latian bersama , dan sekamar bersama saat di tim sehingga mereka menganggap teman-temannya sebagai satu keluarga .


Masyarakat

Masyarakat adalah individu yang bergabung menjadi sebuah kelompok dan di dalamnya memiliki aturan-aturan dan hukum . Di dalam masyarakat itu kita di ajarkan untuk saling bersama , berkomunikasi antara satu orang dengan orang yang lain . Dalam masyarakat pasti memiliki organisasi tertentu , misalnya organisasi karang taruna dsb dan di setiap organisasi pasti memiliki tujuan . Misalnya tujuan dari organisasi karang taruna untuk mempererat hubungan antara orang yang satu dengan yang lain . Di masyarakatlah setiap individu di latih untuk bersosialisasi untuk bisa saling mengenali satu individu dengan individu lainnya . Jangan lupa , di setiap masyarakat pasti memiliki banyaknya individu dengan karakter berbeda-beda , jadi setiap individu harus bisa memahamai pribadi individu lainnya agar saat terjadi masalah setiap individu punya jalan untuk menyelesaikannya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar