woles

Bismillahirahmanirahhim .

Jumat, 28 Oktober 2011

Penduduk , Masyarakat , dan Kebudayaan

Penduduk

Penduduk adalah sekumpulan orang atau manusia yang menempati suatu wilayah atau tempat tertentu dan di dalamnya terjadi interaksi antar satu orang dengan orang yang lain . Contohnya , ya kita ini adalah salah satu dari sekian banyak penduduk yang menempati wilayah Bekasi misalnya atau Jakarta dsb . Dari tahun ke tahun jumlah penduduk semakin bertambah , khususnya di Indonesia ini yang pertumbuhan penduduknya bertambah sangat cepat dari tahun ke tahun . Namun semua ini tidak di dukung oleh wilayah tempat mereka tinggal , penduduk bisa bertambah tapi apakah wilayah juga bisa bertambah ? yaa itu jelas tidak , semakin banyak penduduk otomatis semakin sempit wilayah yang mereka tempati, dan itupun mempunyai dampak yang saat ini sudah di rasakan banyak orang .
Kita ambil contoh saja , kalau berangkat ke kampus di jalan pasti selalu di hadapkan dengan yang namanya macet . Nah , penyebab kemacetan tersebut pasti karena banyaknya orang yang ingin misalnya ke kantor atau sekolah dll . Itulah dampak semakin cepatnya pertumbuhan penduduk di Indonesia . Tak bisa di bayangkan bagaimana padatnya penduduk di beberapa puluh tahun ke depan kalau sekarang saja penduduknya sudah sepadat ini !

Masyarakat

Masyarakat ini mempunyai arti yang hampir sama dengan penduduk , namun bedanya masyarakat adalah sekelompok orang yang menempati wilayah tertentu 'namun' terdapat aturan-aturan atau hukum di dalam masyarakat itu sendiri . Aturan itu di buat karena di masyarakat pasti memiliki sistem dan di masyarakat itu kita tidak hidup sendiri . Di masyarakat itu kita di ajarkan untuk saling bersama , berkomunikasi antara satu orang dengan orang yang lain . Dalam masyarakat pasti memiliki organisasi tertentu , misalnya organisasi karang taruna dsb dan di setiap organisasi pasti memiliki tujuan . Misalnya tujuan dari organisasi karang taruna untuk mempererat hubungan antara orang yang satu dengan yang lain . Dan ini berguna agar kita terbiasa saat berada di masyarakat nantinya , karena di masyarakat yang di utamakan adalah kebersamaan .



Kebudayaan

Kebudayaan ini bisa di artikan sebagai ciri khas dari masyarakat itu sendiri . Adanya budaya berawal dari masyarakat itu sendiri , bagaimana kebiasan-kebiasaan yang di terapkan di masyarakat tersebut . Berbicara tentang kebudayaan , Indonesia ini memiliki banyak sekali kebudayaan dari Sabang hingga Merauke yang terlalu banyak untuk di sebutkan satu per satu . Dan bisa di bilang Indonesia ini adalah gudangnya kebudayaan . Namun sayangnya , generasi sekarang tidak banyak yang peduli atau respect terhadap budaya-budaya di Indonesia . Walau masih ada , namun jumlahnya tidak banyak .Kaum-kaum muda sekarang lebih senang dengan kebudayaan negara luar . Ya contohnya saja cara berpakaiannya , liat saja anak-anak muda sekarang bagaimana cara berpakaiannya mengikuti tren-tren budaya barat khususnya perempuan yang banyak mengumbar-ngumbar aurat jika berpakaian . Itu sangat bertolak belakang dengan budaya di indonesia yang cara berpakaiannya sopan . Contoh lainnya adalah mulai hilangnya kesenian-kesenian khas Indonesia . Anak muda sekarang khususnya laki-laki jika di hadapkan dengan dua pilihan antara Musik Rock dengan Keroncong pasti 95% akan memilih Musik Rock tersebut . Musik yang berasal dari barat ini memang sangat ampuh merasuki diri anak muda sekarang karena mungkin musik tersebut bernuansa 'laki banget' di banding dengan keroncong yang bernuansa 'bapak-bapak banget' . Dan untuk perempuan jika di hadapkan untuk memilih tari pendet dengan tarian 'ala' Girlband pasti merekan akan memilih tarian 'ala' Girlband tersebut yang satt ini sedang marak . Dan satu lagi yang hampir hilang adalah alat musik indonesia . Anak muda sekarang kalau di suruh pilih antara alat musik Gamelan dengan Drum pasti mereka akan pilih drum .Yaa , itu semua memang realita .. !
Ini yang di kawatirkan adalah dengan sekian banyaknya budaya di Indonesia saat ini jika tidak kita lestarikan maka budaya-budaya tersebut semakin lama akan hilang karena tidak memiliki penerus , karena mau tidak mau , suka tidak suka yang menjadi penerus adalah kita sendiri .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar